Sabtu, 01 Maret 2014

Catatan dari Surabaya

Bakda salat jumat tepatnya tanggal 21 Februari 2014,  saya bertolak ke terminal Tegal. Karena tak cek dan ricek terlebih dahulu, harga tiket bus malam lebih dari separuh uang saya pegang. Jadilah sepanjang jalan, di dalam bus saya komat-kamit berdoa agar tak merepotkan panitia ( baca mbak Sinta Yudisia ) sesampainya di kota pahlawan nantinya. Dan subhanallah, seorang sahabat lewat sms telah titip uang ke rekening mba Sinta..( semoga Allah mengganti dengan berlipat. amiin )

Singkatnya, setelah 12 jam lebih di dalam bus Gunung Harta, sampai juga lah saya di terminal Bungurasih, Surabaya. Dari Bungurasih saya naik bus kota menuju terminal Bratang. Dari sana saya dijemput panitia menuju Univirsitas Airlangga tempat berlangsungnya acara milad Flp ke 17 ini.

Kekaguman pertama saya, ketika melihat segerombolan bocah-bocah ganteng memegang alat perkusi sederhana. Dalam pandangan saya, gerombolan bocah tersebut dari smp atau sd favorit di kotanya Bu Risma ini. Ternyata, pasukan bernama Alang-alang grup ini adalah anak jalanan yang telah diasah bakatnya sedemikian rupa. Alang-alang menimbulkan tepuk riuh ketika membuka acara Flp dengan membaawakan mars Flp dan Iwak peyek. Alhamdulillah, lelah saya di dalam bus terbayar pertama.

Tepat jam setengah sepuluh para pengisi acara berbagi ilmu. Berikut yang bisa saya catat, insyaallah ada yang bermanfaat. Semoga.

1. Duku I.Widodo ( penulis novel sejarah, dan tempat bersejarah )

A. Penulis muslim harus bisa 'menjual diri'
B. Jangan menggunakan uangmu untuk menerbitkan buku, tetapi sponsor
C. Seseorang yang tak di kenal, harus berani tampil
D. Buatlah buku yang ekslusif
E.Saya ( Dukut I Widodo ) bangun jam dua/ tiga dini hari setelah tahajud nulis

2. Syirikit Syah

A. Fiksi jalan lain mengungkapkan fakta
B. Kisah fiksi berdasarkan kisah nyata, refleksi pengetahuan pengarang dll
C. Fiksi alat paling ampuh menyampaikan pesan

3.D.Zawawi Imron

A.Semangat sastra, semangat kehidupan itu sendiri
B. Bersungguh-sungguh pintu yang tertutup akan terdobrak, terbuka
C.Semua ilham datang dari Allah, tetapi kita tak boleh malas
D. Orang yang berhati bersih sumber karya sastra yang potensial
E. Sastra masa depan akan kembali ke renungan-renungan
F. Menulis sastra itu tidak sekedar uang, menulis adalah menyuarakan nurani yang murni
G. Anda harus berambisi untuk berkarya yang baik
H. Orang yang suka membersihkan hatinya, sikap hidupnya menjadi bersih

4. Helvy Tiana Rosa.

A. Ajarkanlah sastra pada anak-anak karena sastra mengubah pengecut jadi berani ( Umar. R.a )
B. Apa yang anda perlukan untuk menjadi penulis, tekad, latihan dan wawasan
C. Dampak sastra, cakralawa pikiran meluas, kemampuan bertutur menguat, Percaya diri menguat, kepekaan  etika dan estetika menajam
D. Ketulusan adalah bahasa yang paling ibu

NB. Materi mba Sinta seputar target Flp ke depan, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak Suamiku

Anak Suamiku : KBMAPP | sutono_adiwerna