Menulis untuk berbagi. Menulis yang ingin ditulis

Total Tayangan Halaman

Senin, 03 Februari 2014

Berkunjung Ke Dunia Kedua ( IRC 4 )

Judul Buku : Teman Baru
Penulis : Erna Fitrini
Penerbit : Rainbow, Andi Publisher, Yogyakarta
Harga : Rp. 20.000
Tebal Buku : 60 hal
Tahun Terbit : 2013
ISBN : 978-979-29-4100-5

                Setelah bapak-ibunya meninggal karena kecelakaan, Aquana tinggal bersama  Nenek dan Kakek Ridwan yang sering dianggap aneh oleh teman-teman barunya. Aquana juga dianggap aneh karena memilik telapak tangan yang kebiru-biruan
                Suatu hari Aquana berkenalan dengan Akon, gadis cilik yang aneh. Akon suka sekali memunguti bunga tanjung di pinggir jalan. Tiyas dan Garin teman sekelas di sekolah baru Aquana sudah memperingati agar dirinya jangan bermain dengan Akon. Karena penasaran,  Aquana tidak menghiraukan nasehat Tiyas dan Garin.
                Singkatnya  Akon dan Aquana  menjadi akrab. Suatu hari Akon mengajak Aquana memasuki negeri Dunia Kedua dengan cara menabur bunga tanjung membentuk lingkaran.
                Di Dunia Kedua mereka bertemu dengan Ratu Candybelle. Karena Aquana memiliki telapak tangan yang kebiruan, Ratu Candybelle meminta Aquana menjadi penduduk tetap Dunia Kedua.
                Meski Dunia Kedua indah, asri, Aquana ragu-ragu untuk menjadi penduduk tetap negeri tersebut karena kasihan dengan Nenek dan Kakek Ridwan yang selama ini sudah berbaik hati mengasuhnya. Aquana tidak bisa pulang ke rumah Kakek Ridwan karena saat itu, Dunia kedua tak sengaja kemasukan penduduk yang jahat. Dan Ratu Candybelle meminta tolong pada Akon dan Aquana untuk mengusir penjahat tersebut.
                Jadikah Aquana menetap di Dunia Kedua? Dapatkah Aquana dan Akon menolong Ratu Candybelle?
                Teman Baru, menggabungkan cerita realitas keseharian dengan fiksi fantasi. Termasuk baru dalam novel anak. Sayangya alur yang agak lambat dan konflik yang kurang tajam berpotensi pembaca anak meninggalkan bacaan sebelum cerita berakhir. Jujur saya lebih suka dengan cara bercerita Erna Fitrini saat menulis di majalah Bobo, Kompas Anak dll. Semoga di serial Dunia Kedua berikutnya, akan jauh lebih bagus dari novel Teman Baru. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar