Menulis untuk berbagi. Menulis yang ingin ditulis

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 15 Maret 2014

Dania Gadis Bandara ( IRC 8 )



Judul  Buku : Dania Gadis Bandara
Penulis : Nurhayati Pujiastuti
Penerbit : Lintang, Indiva Solo
Tebal  : 128 halaman
ISBN : 978-602-1614-05-1
Harga : Rp. 25.000

“Aku Cuma ingin lihat pesawat. Ayah suka cerita soal pesawat. Kalau Bibi marah dan tidak suka, Bibi boleh bilang dengan Ibu”
                Awalnya Dania, Ayah dan Ibunya tinggal di rumah yang berada di pinggir rel kereta api. Di rumah kecil yang Ibu sewa dari seseorang itu, Dania sering mendengar ayah bercerita tentang pesawat. Dan Dania ingin sekali naik pesawat.
                Suatu hari, Ayah Dania diajak Pak Johan mencari ikan di laut. Ketika Ayah dan teman-temannya di laut, tiba-tiba langit gelap, gerimis turun, petir menyambar. Beberapa hari kemudian, Dania dan Ibunya mendapat kabar Pak Johan meninggal dunia karena terkena badai. Tetapi Ayah Dania hilang belum diketemukan.
                Karena Ayah tak juga pulang ke rumah, terpaksa Ibu menitipkan Dania kepada Bi Nani yang tinggal di kampong. Bi Nani tinggal berdua dengan Bang Oyan anaknya. Meski di kampong, ternyata rumah Bi Nani dekat dengan bandara.
                Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah cita-cita Dania untuk bias naik pesawat tercapai? Apakah Dania bisa berkumpul kembali dengan Ayah dan Ibunya? Kenapa Bang Oyan membenci pesawat dan suka nakalin Dania? Teman-teman baca sendiri bukunya ya…

Sama seperti buku Mba Nurhayati sebelumnya yang pernah saya baca seperti novak Kakakku Tersayang, kumcernak Ayahku Hebat, novel remaja Lena Operator 0809 atau cerpen-cerpen mbak Nur di berbagai majalah yang menurut saya liris bahkan ketika menulis cerita anak sekalipun, mengaduk-aduk emosi saya sebagai pembaca dan tentu saja membuat penasaran ingin cepat-cepat mengetahui akhir cerita si tokoh utama. Satu catatan untuk buku ini, tokoh Laras digambarkan berkuncir, tetapi di ilustrasi buku ini mengenakan kerudung. Bisa jadi hal sepele, tapi biasanya pembaca anak suka mencari mana ilustrasi tokoh Dania, Laras, Bang Oyan dan lain-lain. Akhir kata, selamat membaca


    

2 komentar:

  1. oo iya ya, beda dengan ilustrasi di covernya, kak?

    BalasHapus
  2. kalau di kover sih pas Ila, karena Dania memang berkerudung. tapi tokoh lainnya yakni Laras

    BalasHapus