Menulis untuk berbagi. Menulis yang ingin ditulis

Total Tayangan Halaman

Rabu, 11 Desember 2013

Menumbuhkan Writing Habits

Kebiasaan menulis atau writing habits adalah modal utama menjadi penulis. Nah, salah satu cara dengan menajamkan keahlian tersebut adalah dengan memiliki kebiasaan menulis yang semakin meningkat. Berikut saya tulis tips-tipsnya. Ohya ke 9 tips ini saya ambil dari majalah ar-risallah edisi sept thn 2010.

1. Membuat komitmen. Mengawali kebiasaan baru tidak mudah tanpa adanya tekad yang kuat. Tekad yang kuat akan membuat tubuh dan pikiran mengeluarkan potensi maksimalnya, menemukan solusi dan cara mengatasi probelama. Komitmen juga harus di buktikan dengan membuat buku harian atau blog
2. Lakukan rutin setiap hari di waktu yang sama. Misal di pagi hari setelah salat subuh atau sebelum tidur, teman-teman dapat mengalokasikan waktu setengah, satu jam atau bahkan lebih. jadikan sebagai agenda utama dan tidak boleh diganggu dengan acara lain.
3. Membuat publik komitmen. Misalnya dengan bercanji kepada orang lain bahwa teman-teman akan menulis secara reguler minimal seminggu sekali.
4. Fokus pada bulan pertama. Kunci membentuk kebiasaan baru adalah fokus. Karena jika teman-teman memilik agenda banyak biasanya konsentrasi akan terpecah
5. Tidak ada pengecualian. Tetap disiplin dan konsisten dengan rencana awal. Kegagalan sering terjadi karena teman-teman hanya konsisten pada minggu pertama.
6. Cari motivasi menulis. Contohnya dengan membuat target bahwa tulisan teman-teman harus dimuat di salah satu media cetak. Teman-teman tidak akan berhenti mencoba. Hindari kata "saya menulis untuk iseng-iseng saja"
7. Buat sistem reward dan punishment.
8. Gali terus inspirasi. Banyak baca buku dan buka mata telinga, segenap indra.
9. Buat menulis menjadi menyenangkan. Misalnya dengan mengajak orang lain terlibat. Minimal, akan ada kompetisi kecil yang membuat teman-teman terpacu. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar